Kamis, 13 Oktober 2011

Minyak Ikan Kurangi Resiko Depresi Kehamilan

Mengkonsumsi asam lemak omege-3 dalam bentuk kapsul minyak ikan selama kehamilan dapat mengurangi risiko depresi postpartum, menurut studi terbaru.

Para peneliti melihat 25 wanita hamil yang rutin mengkonsumsi kapsul minyak ikan yang mengandung 300 miligram DHA asam omega 3, lima kali dalam seminggu dari kehamilan minggu ke 24-40. Setelah bayi lahir, para peniliti menyelidiki adanya gejala depresi postpartum seperti masalah tidur, masalah makan, gelisah, masalah emosioanal, rasa bersalah, dll. Hasilnya, perempuan yang mengkonsumsi kapsul minyak ikan secara signifikan lebih sedikit mengalami gejala depresi postpartum dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

“Konsumsi DHA selama kehamilan pada tingkat yang cukup dari makanan, memiliki potensi mengurangi gejala depresi postpartum,” terang Dr Michelle Price Judge dari University of Connecticut School of Nursing. Namun, pakar lain mengatakan minyak ikan akan mengekang postpartum blues.

“Penilitian ini menarik namun harus direplikasi dalam skala yang lebih besar dengan control yang tepat sebelum menyimpulkan bahwa konsumsi omega 3 asam lemak dapat menurunkan risiko postpartum depression, terang Dr.Shari I. Lusskin, Direktur Psikiatri reproduksi di NYU Langone Medical Center in New York City. Depresi postpartum mempengaruhi hingga 25 persen ibu baru.
sumber: ayah bunda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar