Sabtu, 13 Desember 2014

Berfikir ala otak kanan dan kiri


Gambar di atas adalah ilustrasi mengenai fungsi otak kanan dan kiri. Belakangan banyak ragam pelatihan maupun buku-buku yang menjelaskan bagaimana melatih otak kanan, entah kenapa otak kanan, kenapa enggak otak kiri hahahaha  :D.


Ternyata umumnya, ketika kita menginjakkan kaki disekolah secara mayoritas kegiatan manusia akan didominasi oleh otak kiri, Belajar! Belajar! Belajar! katanya. Menghafal! Menghafal! lagi. :v.

Atas dasar pemikiran itulah beberapa peneliti dan aktivis otak berusaha memaksimalkan kinerja otak dengan menstimulan penggunaan otak kanan dengan latihan-latihan kecil (latihan otak).

Rumus gerak otak singkatnya gini :D. kalo otak kiri itu menggerakkan bagian tubuh yang kanan, kalo otak kanan itu menggerakkan bagian tubuh sebelah kiri. Cara berfikir kedua otak kita juga berbeda, otak kanan lebih ke imajinasi, berirama, kesadaran ruang, melamun, warna, dimensi, dan melihat secara holistik. Kalo kiri lebih ke kata-kata, logika, angka, urutan, daftar, dan analisis.

Cara terbaik berbicara ke seseorang adalah lewat kuping kanan
Menurut penelitian, cara terbaik untuk berbica pada seseorangan adalah lewat telinga kanan. Entah kenapa para peneliti mendapatkan respon yang lebih ketika menggunakan telinga kanan hahaha :D. Katanya sih ketika perbincangan kita dominan di dengar dengan kuping kanan “Berbicara ke kuping kanan, berarti anda mengirim kata-kata ke bagian otak yang agak lebih sensitif."

Cara mengembangkan pola pikir otak kanan dengan metode Mind Map
Ketika otakkiri menggunakan pola pikir linear, secara luar biasa otak kanan akan membantu kita berfikir holistik (meluas). Sebagai contohnya pekerja di bidang kreatif dengan banyak ide keren diluar konteknya.

 Itu contoh-contoh berfikir di luar kotak keren kan. Metode Mind map memberikan gambaran beberapa kemungkinan untuk menemukan solusi (bisa brosing tentang mind map sendiri ya). Sampel gambar mind map kaya gini (klik gambar untuk memperbesar):
Tulis saja masalahnya, terus buat beberapa pilihan solusi, terus dari beberapa solusi dibagi lagi mencadi beberapa cara pemecahannya. Memang terlihat berantakan tapi begitulah cara kerjanya.
Katanya sih ini terbukti memaksimalkan kinerja otak kiri.

Bekerja dengan orang kreatif
Banyak alasan, tapimungkin inilah salahsatunya kenapa teman atau orang kreatif yanganda kenal itu kadang sedikit berantakan.Definisi rapi menurut kita dan dia itu berbeda. Rapi menurut kita itu klimnyis,menurut mereka pantas dan sesuai keadaan hahaha.

Orang kreatif biasanya membutuhkan manajer untuk dirinya sendiri, karena mereka sadar atas kekurang mampuannya, seperti inilah orang yang sejak awal didominasi kinerja otak kanan, jika anda yang memulainya dengan didominasi otak kiri mungkin agak rapi.

Tapi jangan salah,kebanyakan mereka sangat menghormati tenggat waktu (deathline) dengan gayanya.

Keselarasan dan Keseimbangan
Sudah di tuliskan di atas kan, :D di kehidupan kita, beberapa kegiatan lebih dominan dengan otak kiri, tujuan memaksimalkan otak kanan adalah untuk membuka kemungkinan problem solving dalam beberapa masalah yang kita hadapi. Menemukan beberapa masalah dan solusi berarti kita memiliki beberapa plan dan kesempatan untuk memberikan jalan yanglebih bijak dalam urusan kehidupan kita.

Bagi orang yang cenderung didominasi otak kanan (jarang), mereka secara bertahap juga belajar memaksimalkan otak kiri mereka walaupun itu tidak di sadari. Mereka akan belajar memanajemen mood dan berusaha menata diri.

Otak kiri menjadi rem
Berfikir dengan otak kanan, itu juga seperti bom, meluas dan berbahaya juga sih, akan tetapi kita memiliki otak kiri sebagai rem, kehati-hatian dan kata "cukup".

Tak ada seseorang yang sepenuhnya menggunakan otak kanan, maupun seseorang yang sepenuhnya menggunakan otak kiri, otak kanan dan kiri mereka hanya mendominasi.

Apa yang terjadi ketika dominasi otak kanan atau kiri berubah total?
(sumber diambil dari http://www.hipwee.com/motivasi/musibah-membawa-berkah-kerusakan-otak-justru-membuat-mereka-punya-kekuatan-super/)
1. Jon Sarkin: Setelah Kehilangan Sebagian Otak, Tiba-Tiba Jadi Seniman Kaya
2. Tommy McHugh: Otak Tersumbat, Mendadak Jadi Pelukis, Penyair Plus Pemahat
3. Ken Walters: Jadi Desainer Grafis Terkenal Setelah Sembuh Dari Stroke
4. Tony Cicoria: Tersambar Petir, Jadi Jago Main Piano
5. Jason Padget: Ditendang di Kepala, Tiba-Tiba Jadi Ahli Matematika

6. Franco Magnani: Punya Memori Super dan Kemampuan Menggambar Setelah Demam Parah

4 komentar:

  1. Aku kebanyakan pakai otak kanan sepertinya :p

    BalasHapus
  2. Mas, ini blog kedua mas apa gimana ya -_- yang kopisusu masih aktif juga aku liat :3
    Btw, menurut test DMI mah, hasil tesku otak kiri. Tapi ada tes lagi, ternyata otak kanan -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, blog buat cari uang rencananya
      hahaha :D tapikayaknya di buat vakum aja deh

      Hapus